TROMBOSIT (Training dan Outbond Mahasiswa Biologi se Jatim), Pengkaderan di Tubuh IKAHIMBI Wilker V



Salam Lestari !!
Malang, Hentakkan jargon Salam Lestari-salam konservasi terdengar lantang di Gedung C pusat Laboratorium Bahasa dan Fak. Farmasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Suasana penuh hikmat lagi hangat tergambar dalam gedung megah berlantai empat itu. Peserta bergejolak dengan semangat alamiahnya, tertantang untuk menampilkan yang terbaik demi almamaternya. Inilah gambaran pada acara Training and Outbond Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia Wilker V. Trombosit bukanlah keping darah melainkan agenda wajib yang diselenggaran tiap dua tahun sekali. Program kerja yang digawangi oleh Departemen PSDM dengan komando Ali Abdurrahman menjadi salah satu agenda yang patut untuk dinanti. Kenapa? Ini tak lepas dengan rangkaian agenda yang maknyus abiss dehh… Tak pelak puluhan peserta dari beberapa kampus Bonafit di Jatim berfantasi dibuatnya. 
Peserta TROMBOSIT 2015


Dalam acara yang diselenggarakan mulai 9-10 Mei di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Bumi perkemahan Coban Talun Batu dengan  mengusung tema MACHO CHAM !!.  Pembukaaan acara yang di hadiri oleh Dekan dan Wakil Fak. Sains Dan Teknologi Ibu Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah, M.Si dan Dr. H. Ahmad Barizi M. A. berlangsung dengan kondusif. Dalam sambutan kehormatannya Ibu Dekan Fak. SAINTEK berpesan kepada peserta yang hadir untuk senantiasa menjaga kekayaan ilmu pengetahuan, alam, budaya Indonesia sebagai upaya kemaslahatan bangsa, tandasnya.
Seusai pembukaan, tepat pukul 10.10 WIB dilanjut dengan penampilan peserta yang lolos semifinal Karya Tulis Ilmiah dengan 5 kelompok. Diantaranya: UI Jember, UNIROW Tuban, Unmuh Jember, FMIPA dan FKIP Unej. Masing-masing peserta menampilkan yang terbaik demi prestasi yang manis di depan tiga dewan juri Independent. Sekitar pukul 11.28 WIB Presentasi dari semua peserta selasai di sampaikan. Tibalah pengumuman pemenang KTI, Juara 1 diraih oleh UI Jember, juara 2 disabet FKIP Unej, juara 3 digondol FMIPA Unej, juara harapan 1 diperoleh Unmuh Jember dan juara harapan 2 didapatkan FKIP Unirow Tuban. Tidak terlalu terpenting menjadi juara, yang terpenting adalah menjadi generasi yang selalu juara di segala hal. ‘Pengembangan dan pemberdayaan mahasiswa biologi sangat penting, inilah tujuan diadakan KTI’ kata Mita Listiani selaku Kepala Dept. LITBANG.  
Juara KTI

Pukul 12.19-13.20 WIB penyampaian pemateri satu oleh Paqih Jauhari membawakan tema Mekanisme Persidangan sebagai bekal awal bagi calon BPW periode berikutnya. Menyamakan persepsi dalam persidangan merupakan hal penting sehingga jalannya persidangan khususnya di Ikahimbi bisa berlangsung baik, tandas Paqih. Materi kedua  dengan tema ke-IKAHIMBI-an disampaikan Maria Ulpah dan Kutsiyah selaku Mantan Korwil jawa 2 dan Wakorwil jawa 3. Materi ketiga mendapuk tema kepemimpinan dibawakan oleh Presma UMM Elgi Zulfikar D. yang pernah menjadi BPW era Putut R. Purnama. Materi selesai disampaikan sekitar pukul 19.24 WIB. Agenda berikutnya sarasehan dengan calon BPW di masing-masing Dept/biro yang telah dipilih sebelumnya. Maksud dengan agenda ini adalah memberikan wawasan dan bimbingan kepada kader mula sehingga lebih menyatu dengan Ikahimbi. Usai, peserta kembali ke ‘penginapan’ untuk beristirahat ditemani suhu dinginnya kota Malang.
Kurang dari pukul 07.00 pagi peserta sudah berbaris di depan gedung C untuk SKJ bersama dengan tentor si Fajri. Peserta sangat antusias karena dibumbui dengan ice breaking yang gokil abis deh… panitia sengaja memberikan pemanasan sebelum berangkat ke Bumi perkemahan Coban Talun yang terkenal dengan jelajah alam asrinya. Semua peserta diusung dengan Truck dan angkot untuk sampai ke lokasi sasaran. Namun masih ada juga yang tampil beda dengan bawa motor sendiri, tau aja kalo gak muat… hehe.. Tiba di lokasi, panitia langsung membagikan hak peserta yaitu penyerahan nasi sebagai tenaga mendaki perbukitan. Usai, peserta langsung digiring ke aliran sungai untuk suguhan game dan motivasi dari si Fajri. Seru, gokil dan alamaakkk itu lah yang tercermin di tempat itu. Peserta di bagi menjadi 5 kelompok dengan didampingi BPW untuk sampai ke Coban. Tiap perjalan ada 3 pos yang harus dilewati masing-masing kelompok. Pos 1 diberi tugas meriview materi ke 3, pos 2 materi ke 2, pos 3 materi ke 1. Eittss, ada tugas yang harus dikerjakan oleh tiap kelompok. Yaitu membuat foto tergokil disepanjang perjalanan hingga tiba di Coban. Inilah tugas yang sangat digandrungi peserta boy and girl guys…;-) gaya bebas asalkan sopan…
Add caption

Sepulang dari coban, peserta digiring ke aula untuk makan siang dan pengumuman kelompok terbaik dan peserta terbaik. Penutupan difokuskan di aula area Coban Talun yang langsung ditutup oleh Korwil Jawa 3. Itulah deskripsi singkat perjalan agenda Trombosit di Wilker V. Tiga kata yang patut dilayangkan. Gokil, amazing, lestari!(Ikhwan)
Salam Konservasi !!   

0 komentar:

Posting Komentar