Bina Desa Ikahimbi Jawa 3 Daerah Jember



Salam Lestari
            Tanggal 21-22 Maret 2015 IKAHIMBI Jawa 3 Daerah Jember mengadakan Bina Desa. Bina desa dilaksanakan di Dusun Lengkong, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. Dusun Lengkong sendiri berada di kawasan Lereng Pegunungan Yang (Argopuro). Udara dingin pegunungan menambah kebersahajaan dusun ini. 
Sambutan Oleh Bpk. Wasil, Perwakilan Dusun Lengkong
            Sabtu, 21 maret 2015 pukul 05.00 WIB kami Himpunan Biologi se-Jember berkumpul di Double Way Universitas Jember untuk melakukan persiapan keberangkatan menuju Dusun Lengkong. Kira-kira pukul 5.30 WIB kami semua berangkat menuju lokasi. Sekitar pukul 07.00 WIB kita sampai di lokasi dan langsung mempersiapkan acara yang di pusatkan di MI Fatahillah 3 Dusun Lengkong. Tepat pukul 07.30 WIB acara dimulai diawali dengan sambutan oleh Pak Wasil perwakilan dari Dusun Lengkong dan sekaligus membuka acara. Pada pukul 08.00 WIB lalu dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi kebersihan dan kesehatan kepada siswa-siswi MI Fatahillah 3. Sisiwa-siswi sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi ini. Acara ini diakhiri sekitar pukul 10.00 WIB.
Antusiasme Siswa-Siswi MI Fatahillah 3
          Pukul 10.00 WIB, dilanjutkan kegiatan bersih lingkungan. Kegiatan bersih lingkungan ini dilaksanakan oleh teman-teman IKAHIMBI Daerah Jember di sekitar lingkungan sekolah MI Fatahillah 3 dan di sekitar rumah warga. Tepat pukul 12.00 WIB, kegiatan bersih lingkungan diakhiri dan dilanjutkan dengan ishoma. Setelah ishoma, sekitar pukul 13.00 WIB dilakukan penyuluhan terhadap warga mengenai pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk kompos. Peserta penyuluhan sangat antusias sekali. Sekitar pukul 15.00 WIB acara penyuluhan di akhiri. Tiap warga yang menghadiri acara penyuluhan diberi oleh-oleh berupa bibit sengon untuk di tanam di halaman rumah masing-masing. 
Foto Bersama Warga Usai Penyuluhan
            Acara dilanjutkan pukul 18.00 WIB dengan melakukan kegiatan mengajar ngaji kepada anak-anak di Dusun Lengkong, Desa Sucopangepok. Acara diakhiri sekitar pukul 20.00 WIB dan panitia istirahat untuk memulihkan tenaga esok hari.
            Keesokan harinya sekitar pukul 07.00 WIB dilakukan kegiatan outbond kecil-kecilan bersama anak-anak di sekitar Dusun Lengkong, Desa Sucopangepok di damping oleh Lembaga Infaq dan Zakat RIZKI. Sekitar pukul 09.00 WIB dilakukan reboisasi, kegiatan reboisasi ini dilakukan oleh wrga bersama teman-teman IKAHIMBI Daerah Jember dan didampingi oleh RIZKI. Sekitar pukul 11.00 WIB acara diakhiri dan dilanjutkan dengan acara penutupan. Pukul 12.00 WIB teman-teman IKAHIMBI Daerah Jember bergegas pulang meninggalkan Dusun Lengkong, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk,Kabupaten Jember. Sungguh kegiatan yang tidak terlupakan. Semoga dapat terus mengabdi.
 
Kegiatan Reboisasi
 
Suasana Outbond


0 komentar:

Posting Komentar