RAKORNAS V IKAHIMBI di Mataram



Salam Lestari

            RAKORNAS (Rapat Koordinasi Nasional) IKAHIMBI merupakan kegiatan rapat koordinasi yang bertujuan untuk melakukan evaluasi setengah periode terhadap kepengurusan IKAHIMBI pusat. RAKORNAS kali ini dilaksanakan di Universitas Mataram pada tanggal 9-11 maret 2015. Kali ini merupakan agenda RAKORNAS yang ke 5. Pada agenda RAKORNAS  ini dihadiri oleh mahasiswa biologi se-Indonesia yang mewakili Himpunannya sebagai anggota IKAHIMBI. Pada kesempatan ini terdapat 4 mahasiswa dari 3 himpunan yang mewakili IKAHIMBI Jawa 3 a.k.a wilker 5 pada acara RAKORNAS ini. Mahasiswa tersebut antara lain, M. Ilham Pahlevi (HIMABIO Helianthus UNP Kediri) sebagai Korwil IKAHIMBI Jawa 3, Alhabsy Hidayatullah dan Bayu Laksa Setiawan Eka Putra (HIMABIO “Bakteriophage” UNEJ), serta M. Asyrofi (HIMABIO Biosver UIJ).

             
Tari Penyambutan
           Acara RAKORNAS ini diawali dengan tari daerah dan kemudian dilakukan pembukaan acara oleh Pembatu Dekan III FKIP Universitas Mataram. Agenda selanjutnya yaitu Talk Show dengan tema “ Potensi Bahari dan Industri Pariwisata Lombok”. Pada acara Talk Show ini di gambarkan potensi bahari Lombok dalam industri pariwisata dan dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pariwisata tersebut.
         Setelah acara Talk show selesai dilanjutkan agenda selanjutnya yaitu persidangan. Sidang yang pertama yaitu pemaparan LPJ setengah periode setiap Korwil. Keesokan harinya dilanjutkan dengan agenda sidang yang ke dua yaitu evaluasi detengah periode BPP IKAHIMBI. Setelah itu, dilanjutkan dengan agenda sidang ke tiga yaitu rekomendasi program kerja. Pada, genda sidang ke empat  dilakukan reshuffle kepengurusan BPP IKAHIMBI dan untuk wilayah IKAHIMBI Jawa 3 mendelegasikan 2 orang BPP baru untuk mengabdi di stengah periode terkahir ini antara lain: Rifatul Adabiyah (HMPSPB Lumba-Lumba UNEJ) dan M. Asyrofi (HIMABIO Biosver UIJ). 
Perwakilan dari Jawa 3

 
Pemaparan LPJ oleh Korwil
            Setelah persidangan selesai, keesokan harinya dilakukan jalan sehat dan kunjungan ke tampat-tempat wisata yang ada di Lombok. Tempat wisata yang dikunjungi yaitu Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, Desa Adat Suku Sasak di Dusun Sade Lombok Tengah, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Lombok.
            Dengan berkahirnya kegiatan jalan sehat dan field trip menandakan berakhirnya rangkaian kegiatan RAKORNAS ini. Banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Sebuah pengalaman yang tidak terlupakan. Sampai jumpa di kegiatan Nasional dari IKAHIMBI yang lainnya.

Salam Konservasi


Peserta Rakornas


0 komentar:

Posting Komentar