Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) IKAHIMBI Jawa 3


RAKORWIL, Rapat koordinasi wilayah IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia) JAWA 3 diadakan di gedung Mas Soerachman Universitas Jember tanggal 27-28 Desember 2014. Acara dibuka dengan opening ceremony di gedung yang megah tersebut. Sambutan yang sangat memotivasi diberikan oleh pembantu dekan III (PD III) FKIP univ. jember, beliau mengatakan mengenai potensi menakjubkan maritim negara Indonesia yang merupakan ‘ranahnya’ anak-anak Biologi. Beliau juga mengatakan untuk tidak menjadi sarjana hanya untuk mengemis pekerjaan namun buatlah lapangan pekerjaan untuk orang lain. Pembantu dekan III sekaligus membuka secara resmi RAKORWIL IKAHIMBI JAWA III. Pasca acara pembukaan, peserta menuju pusat penelitian kopi dan kakao yang terdapat di Jember untuk melakukan kunjungan lapang. Disini peserta diajak langsung melihat kebun kakao dan banyak belajar mengenai budidaya serta perawatan kakao. Beberapa peserta bahkan diperbolehkan untuk mengambil kakao untuk dibawa pulang. Setelah mendapatkan banyak penjelasan mengenai budidaya kakao, selanjutnya peserta diajak langsung melihat bagaimana proses pengolahan kakao dan kopi pasca panen. Produk yang dihasilkan dari pengolahan ini dapat dinikmati di kantin yang berada di kawasan pusat penelitian tersebut.
Sambutan oleh Korwil


Jam menunjukkan pukul 13.00 wib, para peserta harus bergegas untuk kembali ke gedung Mas Soerachaman untuk melaksanakan agenda berikutnya yaitu rapat koordinasi wilayah. Sebelum diskusi dimulai, semangat para peserta dalam berorganisasi dipompa kembali dengan pemberian materi keorganisasian oleh salah satu alumni IKAHIMBI JAWA III yang biasa dipanggil dengan sapaan akrab Mas Iqbal. Materi yang diberikan beliau tampaknya memberikan semangat baru bagi para peserta dalam membangun rumah IKAHIMBI. Acara juga diramaikan dengan kehadiran beberapa alumni IKAHIMBI JAWA III yang menyempatkan hadir. Diantaranya yaitu Mas Mamed, Martha, Paqih, Syauqi, Agatha (panggilan akrab). Diskusi pun dimulai. Diskusi tentang evaluasi program kerja dan berlangsung serius namun santai. Terlihat antusiasme dari para peserta yang hadir. Hal ini terlihat dari banyaknya ide dan saran yang didapatkan dari diskusi yang berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari ini untuk sisa setengah kepengurusan IKAHIMBI JAWA III periode 2013/2015.

Pemaparan Materi Keorganisasian oleh Pak Iqbal

Pada acara ini juga terpilih bakal calon (BALON) KORWIL dan SEKJEND IKAHIMBI periode 2015/2017. Refi (Univ. PGRI ADI BUANA Surabaya) perwakilan dari daerah surabaya serta Asep (Univ. IKIP MADIUN) perwakilan dari daerah Malang terpilih menjadi bakal calon KORWIL. Sedangkan Teguh Arifianto dari Universitas Brawijaya Malang merupakan satu-satunya yang terpilih untuk menjadi bakal calon sekjend yang akan mewakili IKAHIMBI JAWA III di ajang nasional. Para peserta juga diajak untuk berkunjung ke wana wisata pantai terkenal di jember yaitu pasir putih malikan (papuma) jember. Bukan anak IKAHIMBI namanya jika tidak melakukan aksi lingkungan. Di PAPUMA, para peserta tidak hanya menikmati keindahan pantai namun juga ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan pantai dengan mengumpulkan sampah di sepanjang pantai serta menyumbangkan beberapa tong sampah. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini tentunya menyisakan kesan amat mendalam bagi masing-masing peserta serta semangat baru untuk membangun rumah IKAHIMBI di sisa 1 tahun kepengurusan IKAHIMBI periode 2013/2015. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya yaitu TROMBOSIT di MALANG, guys. Tetap semangat. SALAM LESTASI, SALAM KONSERVASI (Nira).
Foto Bersama Peserta Rakorwil

0 komentar:

Posting Komentar