MUSKERWIL, TAHAP AWAL MELANGKAH UNTUK PENGABDIAN DI IKAHIMBI



SALAM LESTARI..!!!
Surabaya, Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) merupakan agenda wajib setelah proses pembentukan  BPW baru di Musyawarah Wilayah. Agenda ini, adalah salah satu prokja dari Departemen PSDM. Dimana inti dari agenda ini yaitu peresmian sejumlah prokja dari beberapa komponen yang ada di IKAHIMBI.  Dalam acara yang diselenggarakan pada 25-26 Januari 2014 di Dinas Pendidikan Surabaya, Taman Bibit dan Gedung Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) berlangsung dengan lancar dan kondusif. Jajaran Panlok dan BPW sepakat mengusung tema “ Berkomitmen dan Ikhlas  dalam Berkarya untuk Mewujudkan Solidaritas Ikatan dengan Jiwa Saintis ”. Muskerwil (red,) merupakan tahap awal melangkah untuk pengabdian di IKAHIMBI JAWA III. Satukan tekad untuk bumi lestari, mahasiswa merupakan agen of change and control. 
Sidang dipimpin oleh KORWIL didampingi oleh SEKWIL

Muskerwil mempunyai tujuan mengesahkan prokja dan pengurus IKAHIMBI periode 2013-2015 dan mengakrabkan pengurus-pengurus baru yang terdiri dari banyak kalangan dan juga banyak himpunan. Peserta berasal dari delegasi mahasiswa biologi di Jawa Timur, BPW, alumni dan mahasiswa UMS. Semua membaur di tempat dengan penuh kehangatan dihiasi canda dan tawa disetiap sudutnya. Peserta mulai berdatangan di lokasi dari H-1 hingga hari H kegiatan berlangsung. 
Hima Biologi BIOSFER UMS bertindak sebagai operator pelenggara yang diketuai oleh Anjar Ayu Utami N,. Dia memberikan sambutan pertama di podium disdik Surabaya menandai awal diputarnya agenda ini. Disusul Moh. Ilham Pahlevy selaku KORWIL dengan sambutan kehormatannya. Dan, terakhir oleh perwakilan dosen dari Pembantu Rektor III UMS sebagai pengetuk peresmian pembukaan agenda Musyawarah Kerja Wilayah 2014. Seusai pembukaan, panlok menggagendakan Seminar Nol Sampah dengan pemateri dari aktivis pegiat nol sampah di kota Pahlawan. Sekitar 2 jam pemateri menyampaikan paparan dan langkah strategis dalam pengolahan sampah khususnya di Kota besar. Mulai dari proses dini sampai berbentuk produk jadi. Peserta sangat antusias  dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan pada narasumber.
Sekitar pukul 14.00 WIB kegiatan inti dari MUSKERWIL dimulai. Dimana terdapat Raker I, Raker II, dan Raker III IKAHIMBI. Disini masing-masing pengurus Inti memaparkan sejumlah prokja yang akan dijalankan di hadapan forum. Dalam perjalanan sidang diwarnai usulan, sanggahan, penjelasan dll dari peserta sidang. Sidang yang dipimpin oleh KORWIL dengan didampingi notulen SEKWIL cukup menguras tenaga dan pikiran, karena waktu membengkak dari jadwal awal. Namun, itu tidak menjadi suatu permasalahan serius dalam forum. Dalam peresmian perlu pikiran matang dan tepat untuk kemajuan IKAHIMBI kedepannya. Akhirnya rangkaian siding berakhir dan prokja telah ditetapkan.
Suasana dalam acara Muskerwil
Keesokan harinya, semua peserta bergegas meninggalkan kantor Disdik untuk menuju ke Taman Bibit, Surabaya dengan menggunakan mobil yang sudah disediakan oleh panlok. Di Taman Bibit akan melakukan bakti social dan lingkungan. Bakti social diwujudkan dengan menggalang dana yang nantinya akan disalurkan ke para korban erupsi gunung berapi Sinabung di Kabupaten Karo. Pundi-pundi rupiah kita kumpulkan dari BPW, warga yang ada di sekitar Danau Wonorejo dan pengguna jalan di area tersebut. Panas terik tidak menjadi halangan untuk terus mengumpulkan uang. Setelah dirasa cukup, kami pun bersiap merapatkan barisan untuk berpindah.
   Akhirnya waktu pula yang memisahkah, agenda terakhir yaitu penutupan Muskerwil di Gedung UMS. Peserta diboyong dengan mobil yang sama dari Taman Bibit ke kampus UMS. Setiba di lokasi tujuan, panlok dan peserta mempersiapkan untuk penutupan. Senada waktu di pembukaan, closing statement disampaikan ketua pelaksana dari BIOSFER, diteruskan KORWIL dan terakhir oleh perwakilan dari Pembantu Rektor III  UM Surabaya. Sekaligus menutup rangkaian kegiatan Muskerwil IKAHIMBI JAWA III 2014. Satukan tekad mengemban tanggungjawab lestarikan alam raya, adil berfikir ikhlas berkarya, demi jaya biologi.
Peserta Muskerwil
SALAM KONSERVASI..!!!


                                                               Ditulis oleh: Ikhwan Fahrudin*
                                                               *berkebangsaan Indonesia, berasal dari Lampung.


 

0 komentar:

Posting Komentar