PEKAN ILMIAH IKAHIMBI (PILI) 2016



Salam Lestari!!
Salam Konservasi!!

Malang, 21-22 Mei 2016 – Badan Pengurus Wilayah Ikahimbi Wilker V Jawa 3 dengan bangga mempersembahkan Pekan Ilmiah Ikahimbi (PILI) 2016. Acara bisa dikatakan sangat meriah, pasalnya event ini terdapat serentetan agenda yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), National Essay Competition (NEC), Seminar Nasional, dan Aksi Peduli Lingkungan. 

Secara lebih Rinci kronologi agenda Pekan Ilmiah Ikahimbi (PILI) 2016 yakni dimulai sejak tanggal 20 Mei 2016, dimana peserta sudah datang dan tiba di kota beriklim dingin kota batu-Malang. Peserta dijemput di pos pos yang sudah disiapka oleh panitia, meliputi Bandara Abdurrahman Saleh, Terminal Arjosari, dan Stasiun Kota Baru Malang. Selanjutnya peserta baik untuk Finalis LKTIN dan NEC serta Peserta Delegasi di antarkan menuju Kampus Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tepat pukul 20.00 WIB seluruh finalis secara bersamaan mengikuti aktivitas Technical Meeting (TM) di Ruang Mini Hall Rumah Singgah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


(Suasana Saat Technical Meeting)

Agenda Pekan Ilmiah Ikahimbi berlanjut hari sabtu. Dimulai dengan persiapan panitia serta peserta. Acara opening ceremony dimulia dengan khidmat pada pukul 08.15 dan dibuka oleh bapak Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. “Event PILI 2016 adalah event pertama di Ikahimbi Jawa 3 yang bertaraf Nasional. Event ini haruslah berlanjut untuk thun tahun selnajutnya karena memang PILI 2016 mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh mahasiswa yang ada di indonesia” sambutan Korwil saat opening ceremony PILI 2016. 


Selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi Finalis LKTIN dan NEC, masing masing dipisah di 2 ruang yang berbeda. Untuk presentasi Finalis LKTIN berada di Auditorium Lant 4 Rumah Singgah Kampus Pascasarjana UIN Maulana  Malik Ibrahim Malang, sedangkan presentasi finalis NEC berada di Mini Hall Lant 3 Rumah Singgah Kampus Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kedua agenda ini masing masing di nilai oleh juri yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan dan kapabilitasnya. Untuk juri LKTIN atas nama ibu Siti Imroatul Maslikah, S.Si., M.Si., bapak Andik Wijayanto, M.Si dan ibu Dr. Ari Kamayanti, SE. , MM., Ak.,, CA sedangkan untuk juri NEC atas nama ibu Ainun Nikmati Laily, M.Si dan bapak JN. Raisal Haq, S.Si.

Agenda presentasi finalis LKTIN dan NEC berakhir pukul 15.30 WIB. Selanjutnya dilakukukan SEMINAR NASIONAL Pekan Ilmiah Ikahimbi (PILI) 2016, yang menghadirkan key note speaker bapak Akhmad Bukhori Saragih, S.Si. M.Sc. beliau adalah aktivis yang saat ini bergerak dalam bidang konservasi orang utan, yang kemudian disebut COP (Centre of Orangutan Protection). Agenda SEMINAR NASIONAL ini selesai menjelang waktu senja.

Pada malam harinya sabtu, 21 Mei 2016. Pekan Ilmiah Ikahimbi berpindah ruang sepenuhnya di Mini Hall Rumah Singah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pertama peserta di ajak santai becengkrama bersama untuk melepaskan penat dan jenuh selama seharian penuh. Coffee Break menjadi istilah momen kebersamaan ini. Menjelang pukul 09.00 WIB agenda puncak pengumuman finalis akan di umumkan, banyak peserta mulai menanyakan siapakah pemenang lomba LKTIN dan NEC PILI 2016 tingkat Mahasiswa ini. Agenda pengumuman ini di iringi sekaligus dengan Closing Ceremony PILI 2016. Alhamdulillah acara berajalan dengan lancar. (Lihat Pemenang >> http://biologijawa3.blogspot.co.id/2016/05/selamat-dan-sukses-pemenang-lktin-dan.html).


 
Keesokan harinya, Minggu, 22 Mei 2016 agenda Field Trip Pekan Ilmiah Ikahimbi (PILI) 2016 akan dilaksanakan. Agenda ini dilakukan di Taman Hutan Nasional R. Suryo Cangar Batu Malang dengan serentetan acara yakni Aksi Peduli Lingkungan (Penyeraan Simbolis Bibit Pohon Mahoni kepada Petugas Cagas Alam Cangar, 1000 TTD Peduli Lingkungan dan Aksi Pemungutan Sampah) yang merupakan bentuk peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup (HBLH) Ikahimbi Wilker V Jawa 3. Agenda Field Trip ditutup dengan jalan jalan bersama mnikmati indahnya alam, biringi kicauan nyanyian burung burung dan harmoni kebersamaan yang tidak akan bisa terulang kapan pun itu.





Terimaksih untuk semua ihak yang telah membatu dan mensuport acara ini, tanpa kalian semua acara ini tidak akan pernah ada. PEKAN ILMIAH IKAHIMBI (PILI) 2016 Pancen TOP. IKAHIMBI WILKER V JAWA 3 is the best.


Salam Lestari!!
Salam Konservasi!!

1 komentar: